Sabtu, 04 Juli 2009

Komunitas Plurk - Facebook - Friendster - Blog

Integrasi Plurk facebook friendster dan blog

kata “integrasi” ketika saya mencari maknanya dalam wikipedia salah satunya adalah Membuat suatu keseluruhan dan menyatukan unsur-unsur tertentu. Jadi kalau dalam bahasa saya boleh berkata adalah menyatukan, atau mengaitkan untuk bisa saling berhubungan satu dengan yang lain untuk memperoleh sesuatu (he..he.. terlalu ilmiah). Jadi pada tulisan saya kali ini saya akan coba memaparkan bagaimana cara meng-integrasikan atau menghubungkan antara situs jejaring sosial (friendster dan facebook), microbloging (disini yang saya bahas adalah plurk) dan blog.

Plurk, facebook dan friendster. Untuk mengintegrasikan antara plurk dan facebook kita caranya cukup mudah yaitu pertama kita log in ke account plurk kita, kemudian klik pada pemberitahuan pojok kiri atas, lalu akan mucul window kecil, scroll kebawah, nanti akan muncul logo-logo kecil seperti facebook, twiter, friendster dan multiply Seperti gambar dibawah ini). lalu silahkan pilih account mana yang ingin kita hubungkan dengan plurk dengan mengekliknya. Masukan ID anda dan selesai dech. Cukup gampangkan?

Kemudian untuk mengintegrasikan dengan friendster, caranya sama persis dengan cara mengintegrasikan plurk dengan facebook. Dan nanti setelah teringrasi maka setiap kita update plurk kita maka di status facebook serta shoutbox friendster kita juga akan ikut berubah sesuai dengan apa yang kita tulis di plurk, seperti gambar dibawah ini contohnya :

Plurk dan blog. Dengan kita nge-plurk, maka kita juga bisa memasang widget yang telah disediakan oleh plurk untuk kita pasang di blog kita seperti widget plurk saya yang saya pasang di sidebar kanan bawah ini.

Blog dan facebook. Dengan mempunyai account facebook juga, kita juga berbagi artikel kita yang ada diblog pada facebook. kita tinggal men-set RSS kita pada facebook, caranya dengan menyeting pada profil kita yaitu pada tab catatan dan tambahkan url RSS blog kita. Dan setelah terintegrasi maka setiap kita posting di blog, maka secara otomatis akan muncul juga tulisan kita di facebook juga, seperti pada gambar dibawah ini contohnya :

Dan yang terakhir yang saya sendiri belum tahu menintegrasikannya adalah antara facebook dan friendster, blog dan friendster. Mungkin sobat ada yang tahu bisa share disini dengan komentar. tapi kalau menurut saya yaitu dengan cara tradisional, yaitu menuliskan link facebook kita di friendster dan sebaliknya, serta menulis link blog kita di friendster dan sebaliknya pula. Saya rasa cara itu, tapi bagaimana menurut sobat?, monggo.**

http://arifudin.net/integrasi-plurk-facebook-friendster-dan-blog/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar